-->

10 Pesona Wisata Kota Bogor Terbaik 2015

Kota Bogor hawa yang sejuk dan curah hujan yang tinggi begitu image Kota ini, Banyak tempat wisata dikota mulai dari Istana Bogor, Kebun Raya Bogor dan masih banyak lagi tempat wisata dikota ini, saya akan menulis sedikit artikel berdasar pengalaman saat saya bertugas di Kota Bogor satu bulan. Wisata dikota Bogor kebanyakan berbasis wisata alam, Karena diwilayah Bogor Indonesia salah satu hutan tropis terluas di dunia. Bogor sangat cocok buat piknik anda dan keluarga untuk bercengkerama dengan alam dan kembali untuk alam. Saya akan menulis sedikit artikel buat pembaca / wisatawan yang barangkali mau pergi ketempat ini.

1. Istana Bogor

Anda pasti punya pikiran nggak mungkin kita bisa masuk istana Presiden. Datang ke Istana Bogor, Anda dan rombongan bisa berjalan - jalan dan masuk ke Istana ini dengan ijin dari Sekretaris Negara c.q. / Kepala Rumah Tangga Kepresidenan. Anda dan rombongan bisa masuk dan menikmati pemandangan sekaligus bisa memberi makan rusa - rusa dari Nepal.

10 Pesona Wisata Kota Bogor Terbaik 2015
Istana Bogor
Rombongan jangan kuwatir, Karena banyak petani lokal yang menjajakan wortel - wortel dari hasil kebunnya sendiri untuk dijual buat makan rusa di tempat wisata ini. Anda dan rombongan bisa membelinya. Dan tak lupa buat wisatawan jagalah kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan demi keindahan dan kelestarianya, Istana ini masuk kawasan Kebun Raya Bogor.

2. Kebun Raya Bogor 

Pasti anda tak asing lagi dengan kata Kebun Raya Bogor, Tempat wisata di Bogor yang satu ini memang indah dan menyejukan mata. Ada sekitar 15.000 koleksi tumbuhan dan pohon dengan area sekitar 87 hektar. Kami jamin anda akan betah berwisata ditempat ini dan sekalian menambah pengetahuan flora anda, Bogor memang kebun botani yang sangat tekenal. 

Salah satu yang menarik perhatian kami adalah keberadaan bunga bangkai (Amorphophalus titanum) sesuai dengan namanya bunga ini akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat ketika akan mekar. Dan banyak juga pohon kelapa yang usianya paling tua se Asia Tenggara, Yang masih terawat dengan baik.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Pintu Masuk
10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor termasuk juga wisata Edukasi. Anda ingin menambah wawasan / ingin sekedar berlibur, Tempat ini sangat cocok sekali buat piknik bersama keluarga dan sahabat. Berlokasi di tempat yang strategis, Yaitu jalan Ir. H. Juanda No.13 yang mudah diakses.

Sedikit sejarah singkat Kebun Raya Bogor. Tokoh Raffles tokoh ini perintis Kebun Raya Bogor, saat Thomas Stamford Raffles menjadi Gubernur saat itu. Dia ingin membangun sebuah kebun yang sangat luas dan ditumbuhi berbagai macam tanaman. Dengan bantuan W. Kent, Seorang pakar botani akhirnya terbentuklah kebun botani ini sekarang dengan nama Kebun Raya Bogor.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Fauna Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor, Karena masuk kawasan obyek wisata munculah Peraturan Pemerintah RI Nomer: 106 Tahun 2012, Tanggal 24 Desember 2012, Menyatakan bahwa sejak Tanggal 1 Mei 2013, Setiap wisatawan / pengunjung dikenai tarif Rp. 14 ribu per orang, Untuk wisatawan asing Rp. 25.000, kendaraan keliling roda empat Rp. 30.000 dan roda dua Rp. 5.000 Anda bisa menikmati wisata ini.

3. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Bogor begitu orang bilang ini letaknya didesa Cibeureum Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Taman ini sering sekali mendapatkan penghargaan mulai dari: Satyalencana Pembangunan Award, Sapta Pesona Award, Best Indonesia Travel dan Tourism Award, Idonesia Green Award dan Lembaga Konservasi Terbaik.

Tempat konservasi terbaik karena dipenuhi satwa-satwa yang sudah terlatih dan bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Koleksi satwanya beragam sekitar 2500 ekor spesies, Kebanyakan dari jenis spesies satwa yang hampir punah. Seperti: Komodo, Anoa, Gajah, Orang utan, Singa, Harimau benggala, Jerapah dan masih banyak yang lainya.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Taman Safari 
10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Fauna Taman Safari Indonesia
Fasilitas taman safari juga menampilkan atraksi hewan, Komidi putar, Taman burung, Sepeda air, Kano, Kolam renang dengan seluncur ombak, Danau buatan dan masih banyak permainan lainya yang membuat anda betah berlama - lama ditempat wisata ini.

4. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor 

Anda ke Bogor tak lengkap kalau belum ke Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor, Setelah menempuh perjalanan jauh menuju Bogor. Alangkah baiknya anda menyegarkan badan dan pikiran setelah jalan - jalan keliling Bogor biar fres sebelum balik ke penginapan. Memang tempat ini belum seberapa terkenal, Tapi perlu anda tau tempat ini sangat nyaman dan tak ada ruginya.

Perlu sekitar 40 menit berkendara kalau anda dari tol Serpong Tangerang untuk menuju tempat Pemandian Air Panas Sanita Ciseeng Bogor. Wisata ini letaknya berada didesa Ciseeng Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Kalau anda dari Jakarta dekat sekali menuju tempat wisata ini.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Tempat Pemandian Air Panas
Karena belum populer, Jadi masuk ke wisata ini sangatlah murah hari biasa anda hanya perlu membayar tarif Rp. 5.000 dan kalau Weekend cuma naik seribu, Kalau tarif untuk anak-anak cuma Rp. 3.500 murah kan. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor juga menyediakan tempat khusus  untuk satu orang saja.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Berendam  Di Air Panas Bogor
Belerang yang terkandung di Pemandian Air Panas Tirta Ciseeng Bogor ini konon memiliki khasiat bagi anda yang memiliki penyakit kulit, Aliran air yang tak akan pernah habis menimbulkan uap dan dapat menyegarkan badan dan menghaluskan kulit.

5. Taman Wisata Mekarsari

Taman yang terletak di Kecamatan Cileungsi kabupaten Bogor Jawa Barat ini menjadi ikon baru wisata Bogor. Jonggol adalah salah satu tempat petokan yang bisa anda cari sebagai petokan utama, Untuk mempermudah anda menuju ke tempat wisata ini. biarpun anda berangkat dari Jakarta, Bekasi dan daerah lain di Bogor.


10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Welcome
Tempat wisata ini sebenarnya adalah tempat untuk melestarikan kekayaan hayati Indonesia khususnya buah - buahan tropis, Taman Mekarsari masuk Taman terbesar di dunia. Semua jenis buah - buahan yang ada di Negeri ini ada di Taman Wisata Mekarsari. Taman Wisata Mekarsari juga sebagai tempat penelitian / pembudidayaan atau agronomi, Juga tempat pembibitan ungul sebelum disebar luaskan ke daerah lain di Indonesia.


10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Taman Wisata Mekarsari
Taman dengan luas sekitar 264 hektar ini banyak menyuguhkan berbagai hiburan dan Wahana seperti:
  • Pongo show
  • Bangunan air terjun (puri tirto sari)
  • Menara pandang
  • Kids fun valley
  • Kawasan bunga bangkai
  • Sabut kelapa outbond
  • Greenhouse melon
  • Garden center
  • Kawasan rusa tutul
  • Baby zoo
Danau rekreasi seluas 25 hektar dan Family garden buat anda dan keluarga untuk bersantai ria. Kami jamin piknik anda kali ini sangat asyik dan menyenagkan bersama keluarga tercinta.

6. Wisata Taman Riung Gunung Puncak Bogor

Tempat wisata Puncak, pasti anda akan ingat dengan Kota Bogor. Udara yang sejuk dan kebun teh yang luas menambah kesejukan dan keindahan tempat wisata ini, Saat musim liburan tiba Wisata Taman Riung Gunung Puncak Bogor sangat ramai oleh wisatawan domestik / mancanegara. Kawasan puncak merupakan wisata yang wajib anda kunjungi ketika anda berwisata ke Bogor dan sekitarnya.

 Lokasi ini salah satu wisata alam yang menawarkan keindahan alam pegunungan yang masih segar dan menyejukan. Wisata Taman Riung terletak disepanjang perjalanan menuju wisata Puncak  Bogor.


10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Kawasan Puncak
10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Kawasan Taman Riung
Wisata Taman Riung Gunung Pucak Bogor juga banyak menawarkan beraneka ragam jenis fasilitas liburan yang akan memanjakan pengunjung untuk berlama-lama di tempat wisata ini. Apa saja fasilitasnya antara lain:
  • Cafe dan Resto lesehan
  • Teawalk
  • Kolam Renang
  • Flying Fox serta Outbond
  • Sarana Bermain Anak-anak
  • Penginapan
  • Terapi Ikan (Fish Therapy)
  • Camping Area
Setelah anda sampai di kawasan Puncak Bogor yang yang letaknya di Pegunungan yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Kawasan Pucak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Kawasan Taman Riung Puncak
Kawasan Puncak terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede - Pangrango yang sebagian besar bagian dari kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Dengan udaranya yang sejuk, Tempat wisata ini jadi jujukan wisatawan domestik / mancanegara untuk sekedar beristirahat dan berlibur setelah rutinitas kerja dikota Jakarta dan sekitarnya.

7. Museum Zoologi Bogor

Salah satu tempat wisata di Bogor yang satu ini lekat dengan citra membosankan, Karena museum selalu berkaitan dengan benda - benda bersejarah. Lain lagi kalau benda bersejarah di Museum Zoologi Bogor ini dijamin akan membuat kamu tertarik untuk menikmatinya. Jika museum lain menyediakan benda-benda bersejarah, Di Museum Zoologi ini pengunjung akan menemukan banyak jenis hewan yang diawetkan.

Koleksi satwa yang berada di museum ini banyak sekali, Mulai dari satwa yang biasa kamu kenal maupun satwa yang belum kamu lihat, Mungkin karena tidak ada di koleksi kebun binatang, Ada di habitat yang jauh dari tempat kamu, Maupun satwa tersebut memang sudah punah. Untuk lengkapnya, Koleksi mamalia di Museum Zoologi Bogor ini sebanyak 659 jenis yang terdiri atas 30.000 spesies. Terkumpul dari berbagai binatang yang menghuni pulau-pulau di Indonesia.

10 pesona kota bogor terbaik 2015
Museum Zoologi Bogor
Koleksi ikan ada sebanyak 12.000 jenis, Jadi ada sekitar 140.000 spesies. Untuk burung sekitar 1000 jenis yang terdiri dari 30.000 spesies. Suhu di ruangan khusus burung ini dipertahankan agar selalu pada kisaran 22 derajat celcius guna merawat koleksi agar tidak mudah sakit. Untuk amfibi dan reptil, museum ini memiliki koleksi hingga 763 jenis atau 19.937 contoh spesiesnya.

Untuk moluska lebih banyak lagi, yaitu 959 jenis untuk 13.146 jenis binatang. Spesialnya adalah museum ini menyimpan koleksi serangga terbesar di Asia Tenggara, Dengan jumlah 12.000 jenis yang terdiri dari 2.580.000 spesies, Menarik sekali.

8. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Buat anda yang suka dengan suasana alam dan ingin menemui beragam jenis flora dan fauna unik, Datanglah ke tempat wisata di Bogor berbasis Hutan Nasional ini. Taman Nasional Hutan Pangrango adalah salah satu dari sekian banyak taman nasional di Provinsi Jawa Barat. Luasnya sekitar 21. 975 hektare. Tujuan utama dibuatnya Hutan Nasional ini adalah untuk menjaga konservasi flora khas pegunungan beserta ekosistemnya yang penting sekali untuk kehidupan sekitar kita.

Usia Taman Nasional ini paling tua, Yaitu diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua Puncak Gunung Gede dan Puncak Gunung Pangrango. Mencangkup juga hutan pegunungan di sekitar dua puncak gunung. Ragam flora atau tumbuhan yang bisa kamu temukan di hutan nasional sekaligus tempat wisata di Bogor ini sangat bervariasi. Yang banyak adalah flora khas hutan pegunungan.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Kawasan Gunung Gede Pangrango
Tercatat ada sekitar 200 spesies anggrek di tempat ini. ada juga sekitar 150 jenis spesies paku -pakuan, Yang menakjubkan lagi ada lebih dari 870 spesies tumbuhan bunga. Maskot Taman Nasional ini adalah Edelweis Jawa (Anaphalis javanica) yang sangat populer di kalangan para pecinta alam / pendaki gunung.

Untuk hewan atau fauna, Ada beberapa jenis hewan yang terancam punah di kawasan Taman Nasional ini. Seperti Anjing Ajag (Cuon alpinus), Lutung Surili (Presbytis comata), Owa Jawa (Hylobates moloch), Macan Tutul (Panthera pardus) dan banyak spesies lainya.

9. Situ Gede Bogor

Situ adalah nama lain untuk danau kecil. Situ juga bersinonim dengan telaga. Di beberapa tempat di Indonesia, Situ memiliki sejarah dan legendanya sendiri yang membuat keberadaannya selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata yang berbentuk Situ dan terkenal adalah Situ Gede. Untuk menuju kesini wisatawan harus mencapai kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor.

Tempat wisata ini masuk ke kawasan hutan yang digunakan sebagai hutan penelitian oleh Badan Litbang Kehutanan. Litbang  ini masuk sebagai bagian dari Departemen Kehutanan. Maka disekitar danau juga terdapat Center for International Foresty Research atau CIFOR, Dan lembaga penelitian lain. Jika kamu pecinta film / sinetron, Tempat ini mungkin sudah tidak asing lagi, Karena tempat ini sering sekali dipakai untuk syuting film / sinetron Indonesia. Hal ini disebabkan oleh keindahan bentang alamnya yang membuat para wisatawan merasa rileks, Betah dan nyaman.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
Situ Gede Bogor
Situ Gede memiliki luas sekitar 6 hektare. anda dapat berjalan - jalan di sekitar situ di sela-sela pepohonan rimbun yang indah sekali. Jika pengunjung hobi memancing, Pengunjung juga dapat melakukannya di Situ Gede. Anda dapat melakukannya di pinggir situ atau menyewa perahu. Jika wisatawan berangkat dari Kota Bogor, Jaraknya sekitar 10 km. Patokan lain adalah Situ ini berada di utara Terminal Bubulak sekitar 3 km, Menarik kan tempat ini untuk piknik.

10.The Jungle Waterpark

Tempat Wisata selanjutnya adalah the Jungle Waterpark. Permainan air menantang, Juga menguji adrenalin ada disini. Selain itu permainan - permainan yang lebih aman untuk anak-anak juga ada. Banyak hal yang bisa anda lakukan selama berada di tempat rekreasi ini. Salah satunya menemani putra - putri tercinta dengan bermain wahana air yang menarik, Makan siang di tempat -tempat yang sudah disediakan, Juga menikmati nonton film di 3D Cinema, Wah seru sekali.

10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
The Jungle Waterpark
10 pesona wisata kota bogor terbaik 2015
The Jungle Waterpark
Kebersamaan dengan keluarga memang segalanya maka yang cocok liburan bareng pilihanya. Inilah yang membuat hubungan diantara keluarga tampak lebih harmonis dan bahagia. The Jungle Waterpark, Wahana Air dengan luasan 3.8 hektar, Lima tahun terakhir jumlah pengunjung  sudah mencapai 3000 Pengunjung perharinya. Dengan meraih 5 ( lima ) kali TOP BRAND pilihan Pengunjung, menarik sekali.

Fasilitas Wahana yang Lengkap:
  • Tower Slide, Lazy River 
  • Fountain Futsal, 
  • Bird park, 
  • Racer Slide, 
  • Kiddy Pool, 
  • Liesurepool, 
  • Giant Aquarium, 
  • Wavepool, 
  • Kidsclub, 
  • Whirl Pool,  
  • Wahana Gratis 4D Cinema 
Wahana terakhir yaitu Kolam Air Hangat (Kawah Ratu) dengan total pengunjung mencapai 1.000.000 pengunjung setiap tahunnya, Rata - rata pengunjung  memutuskan memilih untuk berkunjung ke wahana ini tak lain dengan fasilitas wahana sensasi , Seru dan entertainment yang ada ditempat ini.

Fasilitas lain The Jungle Waterpark Bogor :
  • Tenda Acara Family Gathering
  • Saung Cabana (ukuran keluarga)
  • Live Music
  • Organ Tunggal
  • Fun Games
  • Senam Bersama
  • Panggung Utama
 Harga Tiket Masuk The Jungle Waterpark Bogor Periode November – Desember 2015

Jam Operasional (Buka / tutup) Wahana The Jungle

Weekday         : 09.00 s/d 17.00 WIB.

Weekend         : 08.00 s/d 17.30 WIB.

High Seasons   : 08.00 s/d 17.30 WIB.


Batasan Kriteria Pengunjung :

Tinggi Badan Diatas 80 CM (Wajib Bayar Full)

Tinggi Dibawah 80 cm (free)


Harga Tiket Masuk (HTM) pengunjung reguler the jungle waterpark

Rp. 80.000 (Senin s/d Jumat)

Rp. 95.000  (Weekend)

Rp. 120.000(High Seasons, liburan Lebaran , Natal dan Tahun baru)

(High seasons 19 Desember s/d 10 Januari 2016)


Harga Group / Rombongan:  

Rp. 75.000  (25 – 50 Senin s/d  Kamis )

Rp. 90.000  (25 – 50 Weekend / Libur )

Rp. 115.000 (High Seasons liburan Lebaran , Natal dan Tahun baru)

(High seasons 19 Desember s/d 10 Januari 2016).


Rute Menuju Wisata The Jungle Waterpark:

Via Tol Jagorawi  dan Exit tol Bogor “Pintu tol Bogor Kebun Raya”  Sampai pertigaan lampu merah Terminal Baranangsiang Bogor, Lanjut belok kiri, Arah Jalan Raya Pajajaran sampai menemui lampu merah kedua  ±  2 km ( Mall Ekalokasari Plaza) Pengunjung bisa ambil putaran arah ke kanan Jalan. Siliwangi, lanjut ± 100m ke depan ambil arah ke kiri lagi jalan Lawanggintung (one way) menuju Jalan Pahlawan, Setelah ± 2 km ke depan akan tampak spanduk The Jungle Waterpark  dan Jungle Festival. kemudian pengunjung akan memasuki kawasan Bogor Nirwana Residence (orchard walk) The Jungle berada di posisi kiri jalan, mudah bukan ketempat wisata ini. baca juga: Cantiknya Air Terjun Bidadari Sentul Paradise Park
LihatTutupKomentar