-->

Air Terjun Sedudo - Tirta Suci Dari Khayangan

Air Terjun Sedudo  berada di ketinggianan 1.438 meter, Terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur. Berada pada ketinggian 1.438 meter, Berada di sisi timur kawasan Gunung Wilis, Dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter. Dengan pesona alam yang indah dan mengagumkan untuk dinikmati.

Air terjun Sedudo terkenal sejak jaman Majapahit, Air terjun Sedudo ini di yakini oleh masyarakat sekitar sebagai Tirta Suci yang mengalir dari Kahyangan. Dulu Para Raja, Bangsawan dan Pendeta pada jaman Majapahit sering mengunakan untuk upacara ritual, Seperti memandikan arca atau senjata pusaka dalam upacara Parna Prahista.

air terjun sedudo - tirta suci dari khayangan
Pesona Air Terjun Sedudo
air terjun sedudo - tirta suci dari khayangan
Kolam Air Terjun
Sampai sekarang Pemkab Nganjuk rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro bulan Sura (kalender Jawa).  Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit pada bulan itu di percaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Legenda

Pada jaman Majapahit kawasan Sedudo dulu di yakini oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pertapaan Ki Ageng Ngaliman, Tokoh pelopor penyebaran agama Islam di Nganjuk. Untuk menghormati atas jasa - jasanya, Maka masyarakat sekitar melaksanakan ritual setiap bulan Suro. Ritual yang di beri nama pengambilan Air Sedudo.

Kemudian air itu di bawa beriring - iringan oleh gadis berambut panjang dan berbusana adat Jawa, Kemudian berjalan perlahan menuju kolam yang berada tepat di bawah air terjun. Masyarakat sekitar percaya, Bahwa air yang mengalir tak henti - hentinya ke Sedudo, Di yakini bersumber dari tempat suci, Tempat di mana para dewa bersemayam.

air terjun sedudo - tirta suci dari khayangan
Ritual Suci
Wisatawan boleh datang ketika malam tahun baru Hijriyah 1 Muharram, atau biasa dikenal malam 1 Suro, Ribuan pengunjung selalu memadati Sedudo. Mereka meyakini mandi beramai - ramai di Sedudo bisa menambah awet muda dan melancarkan rezeki dll.

Aspek Sejarah  

Pemanfaatan Air Terjun Sedudo oleh kalangan raja dan ulama di zaman Kerajaan Majapahit dan kejayaan Islam, Kalau di jaman Majapahit Sedudo sering digunakan untuk mencuci senjata pusaka milik raja dan patih dalam Prana Pratista. Sementara di zaman kerajaan Islam,Air Terjun Sedudo dikenal sebagai kawasan pertapaan Ki Ageng Ngaliman.

Lokasi

Air Terjun Sedudo berjarak sekitar 30 km arah selatan kabupaten Nganjuk, Dan melewati daerah Kecamatan Berbek dan Sawahan. Akses menuju ke Air Terjun Sedudo sudah cukup baik dengan jalan yang beraspal mulus, Dan karena lokasinya yang berada di daerah pegunungan, maka Travelers akan melewati jalan yang naik turun serta berkelok tentunya. Jika travelers tidak membawa kendaraan pribadi travelers bisa menyewa kendaraan yang banyak di temui di bawah.

air terjun sedudo - tirta suci dari khayangan
Anak Tangga
Karena lokasinya di gunung, Kondisi jalan seperti ini tentu sulit untuk dilewati oleh kendaraan jenis bus.Untuk Travelers bila berniat ke air terjun Sedudo, Sebaiknya mengunakan kendaraan roda empat non bus. Setelah melewati gerbang utama dan membayar karcis akan ditemui jalan dua arah, Ke atas menuju Air Terjun Sedudo, Sedangkan ke bawah menuju Agrowisata Ganter dan Air Terjun Singokromo.  

Dari gerbang ini perjalanan menanjak masih berlanjut sekitar dua kilometer. Setelah melewati satu pos penjagaan lagi, Barulah suara gemuruh Air Terjun Sedudo mulai terdengar. Untuk menuju ke pelataran air terjun harus berjalan menuruni tangga sekitar 5 menit.

Harga tiket masuk:
  
2500/orang.  Tarif parkir kendaraan roda dua dipungut Rp 1.000, sedangkan kendaraan roda empat Rp 2.000. 

Fasilitas dan Akomodasi:

Untuk fasilitas tempat wisata ini sudah cukup baik dan lengkap seperti: Ruang ganti, Kolam tempat berendam atau berenang, Toilet dan tempat istirahat. Serta banyak tersedia juga rumah makan serta toko cinderamata. Untuk wisatawan yang butuh penginapan juga banyak tersedia hotel yang berada di sekitar kawasan ini.

air terjun sedudo - tirta suci dari khayangan
Kuliner Sekitaran Air Terjun
Air Terjun Sedudo memang tempat yang menarik untuk dikunjungi. Terutama saat libur akhir pekan, Di mana wisatawan bisa bersantai dan menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata serta suasana yang segar dan fresh kembali setelah penat dengan segala rutinitas. Yuk deh yang mau awet muda bisa mandi dan menikmati alam Air Terjun Sedudo. Baca juga: Gunung Bromo - Pesona Alam Yang Indah Dan Berhawa Dingin.

LihatTutupKomentar